Minggu, 17 Oktober 2010

satwa liar sekitar rumah kita oleh willy ekariyono - (seri satwa liar sekitar kita 2)

burung kecil mungil ini sering berkicau nyaring di pagi hari lebih dikenal dengan nama Cinenen Pisang ada juga yang menyebutnya dengan nama prenjak, atau cici. dalam bahasa latin-nya adalah Orthotomus sutorius (Common Tailorbird). burung cici ini mempunyai sarang yang unik yaitu sarangnya terbuat dari kumpulan dedaunan yang dijahit dengan serat2 tanaman atau jaring sarang laba2.


dengan ukuran tubuh yang kecil dihiasi oleh bulu2nya yang berwarna agak kekuning2an, dan ekor yang jantan lebih panjang dari pada yang betina. burung ini sangat aktif (lincah) dan biasanya sering diterlihat berpasangan. mereka mencari makanan yang berupa serangga2 kecil, ulat2, dan laba2. (seri satwa liar sekitar kita 2)

3 komentar:

  1. Sarang burung prenjak sering digunakan burung kedasih untuk menitipkan telurnya. Ketika telur-telur menetas, anak burung kedasih yang bertubuh lebih besar dan rakus akan mendepak dan menjatuhkan anak burung prenjak, tinggalah anak burung kedasih yang diasuh oleh induk burung prenjak, karena induk burung prenjak merasa bahitu itu adalah anaknya

    BalasHapus